Senin, 07 Juni 2010

KABANJAHE SEMAKIN SEMRAWUT, TROTOAR DIJADIKAN TEMPAT BERJUALAN



KABANJAHE SEMAKIN SEMRAWUT, TROTOAR DIJADIKAN TEMPAT BERJUALAN

KABANJAHE,BERSAMA

Kota Kabanjahe semakin hari semakin semrawut saja dan jauh dari kenyamanan terutama di kawasan Pusat Pasar. Di sepanjang Jalan Kapten Bangsi Sembiring setiap harinya sejak Bulan Mei sampai Senin (7/6) para pedagang kaki lima semakin berani berjualan di badan jalan dan di trotoar. Umumnya pedagang ini adalah yang menjual makanan kecil dan jajanan dengan menggunakan kereta dorong.
Sedangkan di pagi hari umumnya yang memanfaatkan lokasi tersebut adalah pedagang yang menjual berbagai kebutuhan bahan makanan untuk keperluan rumah tangga seperti sayuran.
Beberapa warga kepada wartawan menyayangkan sikap dan keberanian pedagang ini berjaualan tidak pada tempatnya. Apalagi pada jam sibuk di sore hari maka kemacetan kerap terjadi. Salah seorang warga Kabanjahe Dian Depari mengutarakan sejak tahun 2010 Pemkab Karo terlihat membiarkan kondisi tersebut dan masyarakat melihat kondisi ini dijadikan untuk mencari keuntungan bagi pihak-pihak tertentu.
“ Seharusnya Bapak Bupati DD Sinulingga dapat melihat keadaan ini dan melakukan penertiban atau mengalihkan pedagang berjualan ke tempat yang lebih layak. Jika tidak ini akan membuat kesan Kabanjahe sebagai Kota yang macet, semrawut dan tidak nyaman untk dikunjungi” ujar alumni Akutansi Usu ini lagi.
Sejalan dengan hal di atas, wartawan juga heran mengapa Pemkab Karo juga tidak membuat langkah-langkah penertiban atau menurunkan petugas di lapangan. Karena jalan tersebut fungsinya untuk pejalan kaki bukan untuk tempat berjualan, tentunya Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Dinas Pendapatan dapat berkoordinasi untuk menegmebalikan funsinya ke tempat semula. Bukankah sudah ada Perda yang mengatur hal tersebut dan harus ditaati? Jika tidak maka sama saja dengan melakukan pekerjaan yang sia-sia dan masyarakat akan semakin tidak percaya kepada pihak pemerintah.

B 25/KAL
KETERANGAN FOTO :
Jalan Kapten Bangsi Sembiring dijadikan pedagang kaki lima tempat berjualan di badan jalan dan di trotoar.

FOTO BERSAMA : KALVIN

Tidak ada komentar: