Senin, 28 Maret 2011

MENANTI TEROBOSAN BUPATI KARO DR(HC) KENA UKUR SURBAKTI MENATA KOTA KABANJAHE DAN BERASTAGI


MENANTI TEROBOSAN BUPATI KARO DR(HC) KENA UKUR SURBAKTI MENATA KOTA KABANJAHE DAN BERASTAGI
OLEH: KALVIN GINTING

Pasca pelantikan DR (HC) Kena Ukur Surbakti/Terkelin Brahmana SH sebagai Bupati/Wakil Bupati Karo periode 2011-2016 masyarakat Kota Kabanjahe dan Berastagi sangat menantikan terobosan nyata dalam menata tata ruang kota yang telah semrawut. Beberapa masalah yang memerlukan penanganan segera adalah penataan pusat pasar, terminal, kemacetan serta kerusakan infrastruktur di pemukiman penduduk.
Untuk pusat pasar yang menjadi urat nadi perekonomian di kedua kota tersebut kondisinya sangat memprihatinkan. Tidak tertibnya kios atau pedagang ditambah mendesaknya pembangunan pasca kebakaran beberapa tahun yang silam menjadi pekerjaan rumah bagi kedua pemimpin tersebut. Untuk Kota Berastagi letak pusat pasar yang berdampingan dengan terminal telah memunculkan masalah baru. Banyak pedagang kaki lima yang telah menggunakan terminal sebagai tempat berjualan padahal volume kenderaan angkutan umum juga bertambah sehingga saban hari menimbulkan kemacetan dan kesemrawutan.
Sebagai seorang pengusaha yang mempunyai kemampuan bernegosiasi yang tinggi (lobi) masyarakat optimis Bupati Karo akan dapat memberikan perubahan dan membangun infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat. Melalui pendekatan baik kepada pemerintah pusat, provinsi agar mengucurkan dana pembangunan pusat pasar dari APBN,APBD Provinsi maupun APBD Karo sendiri. Selanjutnya melakukan pendekatan kepada warga agar tidak berjualan pada tempat yang dilarang serta mengusahakan area pusat pasar yang baru guna penampungan pedagang kaki lima.
Bupati/Wakil Bupati juga diyakini akan dapat mengatasi persoalan kemacetan dengan membuat peraturan yang baru serta memerintahkan kepada dinas perhubungan, satpol pamong praja agar bertugas di lapangan secara disiplin bukan ‘kucing-kucingan”. Ditambah lagi dengan sosoknya yang murah senyum dan familiar sang Bupati akan dapat berkomunikasi dengan seluruh PNS agar dapat bekerja dan melayani masyaraktn semaksimal mungkin.
Terutama di Kota Kabanjahe dan Berastagi, PNS yang selama ini mulai kurang disiplin dapat kembalai disiplin. Sebab bagaimanapun juga kedua kota tersebut mempunyai fungsi strategi baik dari sisi pemerintahan sebagai pusat pemerintahan maupun sisi pariwisata sebagai ikon daerah tujuan turis di Sumatera Utara. Kepada Camat di wilayah ini Bupati Karo kiranya dapat langsung memberikan perintah dan memulai program baru sehingga wajah Kabupaten Karo tersebut dapat kembali asri,indah,bersih,nyaman. Masyarakat akan mengikuti semua program pemrintah bila itu demi kebaikan bukan untuk kesengsaraan sehingga ada perubahan nyata semenjak pemimpin baru tiba.
Bahkan pada masa mendatang piala adipura sebagai lambang supremasi kota terbersih di Indonesia akan dapat diraih kembali. Selain itu perekonomian masyarakat akan kembali meningkat sehingga Kabupaten Karo dapat lebih berbicara lagi di Sumatera Utara.
KETERANGAN FOTO :
Bupati Karo DR (HC) Kena Ukur Surbakti dan Camat Kabanjahe Drs.Lesta Karo-Karo diharapkan kembali menata Kota Kabanjahe.
FOTO : KALVIN GINTING

Tidak ada komentar: