Minggu, 30 November 2008


Rakyat Kabupaten Karo Sehat, Kualitas Bangsa Meningkat
KABANJAHE,BERSAMA
Kesehatan adalah sumber kekuatan dalam pembangunan nasional bangsa Indonesia . Dan sesuai dengan tema Hari Kesehatan Nasional tahun 2008 “Rakyat Sehat,Kualitas Bangsa Meningkat “ maka diharapkan derajat kesehatan setiap warga Kabupaten Karo meningkat.
Demikian disampaikan oleh Bupati Karo Drs.DD Sinulingga dalam peringatan HKN yang dipusatkan di Lapangan Akademi Kebidanan Pemkab Karo Jumat (21/11). Dan dihadiri oleh pengurus PKK Kabupaten Karo,segenap tenaga kesehatan dari instansi dinkes,puskesmas,RSU,lembaga pensisikan kesehatan maupun masyarakat umum, lanjut usia dan LSM dan pemerhati masalah kesehatan.
Tema ini memberikan makna bahwa kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat haruslah dimiliki semua rakyat.Rakyat sehat sebagai kekuatan negara,merupakan bagian dari ketahanan nasional, sebagai wujud keuletan dan ketangguhan suatu bangsa, dimana antara lain penduduknya memiliki derajat kesehatan tinggi baik secara fisik,mental dan sosial serta memiliki produktifitas yang tinggi,sehingga akan meningkatkan kualitas bangsa ujar DD Sinulingga.
Setelah upacara kegiatan peringatan HKN dilanjutkan dengan senam bagi kaum lanjut usia yang dipandu oleh seorang instruktur. Gerakan dan irama musik disesuaikan dengan kondisi fisik para peserta. Semangat para lansia patut diacungi jempol karena mampu mengikuti gerakan yang dipandu dari depan oleh instruktur.
Tak ketinggalan Kadis Kesehatan karo dr.Diana Ginting M.Kes didampingi drg.Irma Milala bergabung dengan ratusan warga lainnya berolahraga aerobic.
Kepada Harian BERSAMA Kadis juga mengatakan bahwa sesuai dengan tema HKN maka dinas kesehatan Karo senantiasa bekerja semaksimal mungkin dalam meningkatkan derajat kesehatan lewat pengoptimalan segenap fasilitas kesehatan yang ada baik di kota maupun ke tingkat desa.
Kepada Harian BERSAMA salah seorang panitia pelaksana USAHA Purba mengatakan kegiatan HKN saat ini difokuskan untuk meningkatkan derajat kesehatan warga Tanah Karo. Sebagaimana yang diprogramkan pemerintah dalam Indonesia sehat 2010 maka tindakan promotif lebih dikedepankan. Dan salah satunya adalah lewat olahraga senam aerobic.
Tak ketinggalan dalam kesempatan yang sama dilakukan pemberian makanan tambahan berupa susu sapi segar kepada semua peserta yang hadir dari Daling Farm Jaranguda Berastagi. Pemilik sekaligus pengusaha susu segar ini Petrus Sitepu kepada wartawan mengatakan bahwa susu berfungsi sebagai sumber protein bagi tubuh. Dan warga tanah Karo masih mengkonsumsi susu di bawah ukuran yang ditetapkan oleh Dinkes serta WHO. Hal ini dapat dilihat dari tinggi badan para siswa sekolah yang masih rendah/pendek.
Oleh sebab itu sebagai pengusaha dan warga Karo saya mengembangkan produksi susu segar sehingga nantinya manusia-manusia terutama anak-anak di Kabupaten ini tidak kekurangan kalsium. katanya.
Pada akhir acara juga diberikan penghargaan dan cinderamata bagi beberapa tenaga kesehatan yang berjasa meningkatkan pelayanan kesehatan di tempat mereka bekerja masing-masing.


BR 58/KAL
Keterangan Foto :
Kepala dinas kesehatan Kabupaten Karo didampingi drg.Irna Milala malakukan senam aerobic bersama dengan ratusan peserta lainnya dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional di lapangan Akbid Pemkab Karo Jumat (21/11).

Foto BERSAMA : KALVIN GINTING S.Kep

Tidak ada komentar: