Selasa, 31 Mei 2011

MOBIL PINTAR



SEANDAINYA BUPATI KARO MENGIKUTSERTAKAN “MOBIL PINTAR” DALAM SETIAP KUNJUNGANNYA KE TIAP DESA
OLEH : KALVIN GINTING

Selain bidang pertanian yang saat ini menjadi salah satu fokus utama yang sedang digalakkan Bupati DR(HC) Kena Ukur Surbakti dengan Wakil Bupati Terkelin Brahmana SH, tampaknya pengetahuan dan wawasan masyarakat juga harus ditingkatkan. Saat ini memang Pemkabsudah mempunyaoi perpustakaan daerah di jalan Pahlawan Kabanjahe. Namun ada salah satu asset daerah yang juga mempunyai peran yang sangat besar dan dapat mobile atau bergerak yaitun perpustakaan berjalan yang dikenal dengan mobil pintar "tunas bangsa,pelita bangsa" bantuan Otorita Asahan dan Solidaritas Istri Kementerian Indonesia Bersatu. Mobil pintar tersebut diberikan kepada 10 pemerintah Kabupaten/Kota yang berada di kawasan Danau Toba. Dan Kabupaten Karo sebagai salah diantaranya mendapat satu unit.
Sekedar membuka kembali ingatan kepada pembaca Harian BERSAMA RAKYAT MERDEKA bahwa mobil ini mempunyai konsep yang berteknologi tinggi dan pemanfaatan ruang yang maksimal. Ini diharapkan dapat menjadi pendorong dan menumbuhkan kreatifitas para pelajar dan anak usia sekolah. Karena dengan berbagai sarana dan prasarana ditambah dapat bergerak dinamis sehingga dapat menjangkau sekolah di desa-desa maupun di seluruh 17 Kecamatan yang ada.
Kalau dicermati lebih mendalam mobil pintar dapat juga menjadi stimulan bagi para anak usia sekolah baik di tingkat pendidikan dasar dan menengah. Beragam fasilitas pendukung diantaranya rak pajang buku, beragam jenis buku,alat peraga berbagai jenis, media audiovisual, generator,kipas dan AC yang kesemuanya ditata dengan rapi dan proporsional.
Disisi lain fungsi dari mobil pintar tersebut bukan saja untuk dapat digunakan di komplek sekolah tetapi lebih dari itu dapat digunakan ke daerah atau tempat tujuan wisata misalnya, Tongging,Berastagi dan objek wisata lainnya. Karena di tempat ini biasanya banyak anak-anak usia sekolah yang berekreasi dengan keluarganya. Nah, inilah salah satu keunggulan mobil ini sehingga menumbuhkembangkan minat baca terhadap generasi bangsa di Kabupaten Karo.
Dalam kunjungan resmi ke setiap wilayah sudah dapat dipastikan yang menyambut kedatangan Bupati Karo adalah para murid sekolah dasar. Jikalau mobil tersebut juga hadir maka sudah dapat dipastikan para pelajar SD akan merasa senang dan gembira sekaligus juga menegaskan komitmen Bupati Karo terhadap pendidikan mengingat manusia belajar sepanjang hayat/long life education
Jika hanya diparkirkan dan menganggur penulis merasa tidak efektif dan hanya akan menjadi hiasan semata. Padahal sangat banyak insane pendidikan yang memerlukannya.


Keterangan Foto :
Mobil pintar bantuan Otorita Asahan dan Solidaritas Istri Kementerian Indonesia Bersatu kepada Pemkab Karo.
FOTO : KALVIN GINTING

Tidak ada komentar: