Minggu, 02 Januari 2011

BADAN SAR SUMATERA UTARA BERIKAN PELATIHAN DI PASCA SARJANA FKM USU


BADAN SAR SUMATERA UTARA BERIKAN PELATIHAN DI PASCA SARJANA FKM USU

MEDAN, BERSAMA

Untuk meningkatkan pemahaman sekaligus pengenalan alat-alat yang digunakan dalam menolong korban bencana alam seperti gempa bumi, longsor, gunung meletus Badan SAR Sumut memberikan pelatihan kepada mahasiswa/i program pascasarjana FKM USU , Jumat (17/12). Alat-alat yang diperkenalkan berupa sinsauw, gerenda,tali penolong,air bag, brankas/tandu, pembobol bangunan, dongkrak, martil.

Pelatih dari Basarnas Iwan dengan tim secara seksama menerangkan mekanisme pertolongan kepada para peserta sembari memperagakan cara penggunaan alat tersebut. Dekan FKM DR.Surya Utama MS didampingi Dr, R Kintoko Ronchadi, MKM, Prof.Ida Yustina M.Si, Prof Dr.Ritha Fatimah Dalimunthe, Dr. Irma Marsaulina juga terlihat serius mendengarkan dan memperhatikan.

Kepada wartawan pihak pasca sarjana FKM USU menyampaikan kegiatan ini juga sejalan dengan program pendidikan terutama untuk peminatan dan jurusan penanggulangan bencana. Apalagi beberapa waktu belakangan ini terjadi bencana alam di Gunung Sinabung Kabupaten Karo Merapi, Mentawai, Wasior. Kondisi cuaca akhir-akhir ini yang juga berawan sangat rawan akan banjir dan bukan tidak harus dilakukan evakuasi penduduk.

Basarnas Sumut juga menginformasikan kegiatan seperti ini akan rutin diberikan kepada masyarakat sehingga mereka lebih peka dan tanggap terhadap adanya bencana. setiap organisasi masyarakat, sekolah ataupun perkantoran yang meminta kita akan siap memberikan pelatihan dan pengenalan alat papar Iwan dkk.

B 25/KAL

KETERANGAN FOTO :

Basarnas Sumut ketika memberikan pengenalan alat penolong korban bencana berfoto dengan FKM DR.Surya Utama MS didampingi Dr, R Kintoko Ronchadi, MKM, Prof.Ida Yustina M.Si, Prof Dr.Ritha Fatimah Dalimunthe, Dr. Irma Marsaulina.
FOTO BERSAMA : KALVIN GINTING

Tidak ada komentar: