Minggu, 02 Januari 2011

TERIMA KASIH ATAS 5 TAHUN KEPEMIMPINAN DD SINULINGGA

“RAS KITA PESIKAP KUTANTA”
TERIMA KASIH ATAS 5 TAHUN KEPEMIMPINAN DD SINULINGGA
oleh : Kalvin Ginting
Gubernur Sumatera Utara lima tahun silam tepatnya 27 Desember 2005 Drs.DD Sinulingga/Ir.Nelson Sitepu dilantik menjadi Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Karo . Selama kurun waktu tersebut juga banyak hal yang sudah terjadi apakah itu positif dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat maupun dampak negatif yang kemudian menjadi sebuah catatan penting di dalam pembangunan bumi “pijer podi”
Sebagai seorang warga masyarakat, dan juga wartawan surat kabar HARIAN BERSAMA penulis ingin memberikan sebuah catatan kepada seluruh pembac yang juga boleh dinilai atau dibantah, tetapi tulisan ini bermaksud untuk memberikan masukan dan sebuah penyadaran kepada pembaca setia koran ini bahwa masih banyak hal yang perlu dibenahi dan diteruskan dalam program pembangunan.
“ Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa Yang Menghargai Jasa Para Pahlawan” itu adalah sebuah semboyan yang mengajarkan kepada seluruh Bangsa Indonesia menghargai jasa para pendahulunya. Seiring dengan hal tersebut sudah selayaknya masyarakat Karo juga memberikan apresiasi kepada DD Sinulingga. Terlepas dari berbagai kekurangannya selama memimpin dan memajukan Karo yang tidak memuaskan keinginan sebagian besar rakyat.
Memang beberapa infrastruktur telah dibangun seperti Gedung Bupati Karo, jalan ke pedesaan di berbagai Kecamatan,renovasi pajak buah Berastagi. Namun ada juga hal-hal dalam penyelenggaraan administrasi pemerintahan yang tidak bijaksana dilaksanakan. Seperti proses pemutasian guru-guru SMA/SMP yang menuai protes keras hingga terjadi demo besar-besaran. Penggusuran pedagang kaki lima di Pasar Buah Berastagi dengan cara kekerasan juga menjadi sebuah tinta kelabu, ditambah pembangunan tempat penampungan sementara bagi pedagang Pusat Pasar Kabanjahe pasca kebakaran Desember 2008 di jalan-jalan utama membuat kesemrawutan sampai sekarang ini.
Bencana alam meletusnya Gunung Sinabung membuat pengungsi mencapai 25.000 orang yang penanganannya juga tidak maksimal menambah catatan di akhir-akhir kepemimpinan. Dan yang terakhir tertundanya pengumuman CPNS semakin menambah daftar dan catatan bagi seluruh masyarakat.
Masyarakat yang menaruh harapan besar di pundak DD Sinulingga karena teringat akan nostalgia kepemimpinannya yang pertama. Kala itu disiplin PNS sangat tinggi, Kota Kabanjahe berhasil meraih piala Adipura, serta pembangunan infrastruktur yang baik. Tentunya adalah sebuah hal wajar dan menjadikan hal tersebut sebagai alasan utama memilih pada pilkada 2005. Hasilnya DD Sinulingga meraih kemenangan hanya dalam satu kali putaran dengan kepercayaan publik yang tinggi.
Waktulah yang membuat perjalanan pemerintahan dan pembangunan tidak maksimal. Faktor penyebab sudah barang tentu dapat diketahui berdasarkan kajian dan analisis ilmiah logis. Mungkin faktor manusia yang kurang mempunyai kemampuan, kerjasama lintas sektoral yang tidak solid atau bahkan program yang tidak jelas arahnya, serta anggaran yang terbatas ditambah kepentingan politis atau kelompok.
Sikap menghargai dan menghormati hasil pekerjaan seseorang yang telah berkarya adalah mulia. Ucapan terima kasih juga hendaknya diberikan kepada Drs.DD Sinulingga yang telah memimpin Tanah Karo dengan slogan “Ras Kita Pesikap Kutanta” kita berikan. Dan kepada penerusnya kita harapkan dapat lebih baik dalam membawa perubahan ke arah yang lebih baik.
( wartawan/penulis adalah mahasiswa program pasca sarjana FKM USU)

Tidak ada komentar: