Minggu, 19 Juni 2011

PEMBANGUNAN GEDUNG FK USU ABAIKAN KESELAMATAN KERJA


PEMBANGUNAN GEDUNG FK USU ABAIKAN KESELAMATAN KERJA

MEDAN,
Pembangunan gedung baru Fakultas Kedokteran USU Medan di Jalan Dokter Mansyur Medan mengabaikan keselamatan kerja . Hal berdasarkan pantauan wartawan, Sabtu(18/6) sore terlihat pekerja yang sedang memasang baja dengan las demikian juga balok-balok beton tidak menggunakan alat pelindung diri.
Hal ini tentu sangat disayangkan karena yang menjadi konsultan perencana adalah PT. Mitra Plant Konsultan. Dan pelaksana pembangunan proyek adalah PT Budigraha Perkasa Utama dengan konsultan managemen PT Kanta Karya. Tentunya dengan proyek pembangunan yang begitu besar sangat-sangat disayangkan dalam tindakan yang dilakukan apalagi proyek tersebut berada dalam kampus yang selama ini menjadi acuan dalam pembangunan dengan berkumpulnya para ahli yang mengajar mahasiswa tentang standar keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
Hal ini sangat bertentangan dengan Undang-Undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, antara lain mengatur tentang perlindungan tenaga kerja yaitu bahwa setiap tenaga kerja berhak mendapat perlindungan atas keselamatan,kesehatan,kesusilaan,pemeliharaan moral kerja serta perlakuan yang sesuai dengan harkat dan martabat manusia dan nilai agama.
Berdasarkan pantauan wartawan di lapangan terlihat para pekerja tidak ada yang menggunakan helm, sarung tangan dan tali pengaman pada pengerjaan di area yang tinggi. Ini tentunya sangat berbahaya dan terlihat pelaksana pembangunan proyek tidak bekerja dan telah melanggar peraturan dan undang-undang yang berlaku. Padahal kampus tersebut selama ini selalu menjadi acuan normative dalam pelaksanaan proyek, nyatanya malahan membuat hal yang merendahkan nilai dari proses pendidikan itu sendiri.
Kiranya ini juga dapat menjadi masukan kepada pemerintah agar dapat mengeur atau bila memungkinkan meninjau kembali pelaksanaan yang sedang dilaksanakan. Bila tidak maka masyarakat tidak akan percaya alagi kepada USU ataupun Kementerian Pendidkan karena apa yang terjadi di lapangan sangat menyimpang.

KAL
Keterangan foto :
Terlihat pekerja yang sedang memasang baja dengan las gedung FK USU tidak menggunakan alat pelindung diri, Sabtu(18/6) sore
FOTO : KALVIN GINTING

Tidak ada komentar: