Jumat, 05 Desember 2008

HMKI ON AIR DI RBK FM KABANJAHE



MASYARAKAT RINDU MUSIK TRADISIONAL KARO


KABANJAHE,BERSAMA
Masyarakat Karo ruapanya mendambakan kembali musik tradisional yang beberapa aktu belakangan terpinggirkan oleh musik modern seperti keyboard. Hal ini terbukti ketika diadakan acara siaran langsung di udara lewat gelombang radio “ Jambur RBK” Selasa malam (2/12) yang dipandu oleh Saulina br Tarigan penyiar sekaligus pemilik Radio Bahana Kusuma Kabanjahe FM dan Juara Ginting serta Ita Apulina dari Sora Sirulo.
Mengambil tema meningkatkan kepedulian terhadap musik tradisional Karo acara ini juga menampilkan nara sumber tokoh masyarakat Karo yakni Rimenda Jamin Ginting Ketua Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) dan Budianto Tarigan sekretaris HMKI. Juga para pelaku seni tradisional Karo seperti penggual Bangun Tarigan, perkolong-kolong Bungaria br Sembiring. Pemerhati seni budaya dari Institut Nalar Karo Membangun (INKAM).
Setelah acara dibuka dengan alunan suara keteng-keteng dan surdam maka kedua nara sumber langsung memaparkan pentingnya seni budaya Karo ditampilkan ke depan di tengah-tengah kemajuan zaman. Dikarenakan seni musik Karo memiliki keunikan yang berbeda baik alunan suara maupun alat musiknya dengan daerah lainnya di Indonesia .
“Tak hanya orang Karo sendiri yang menyukai alunan sarune,surdam,kulcapi,penganak. Para wisatawan yang datang pun begitu mengagumi budaya Karo. Tentunya kita sebagai orang Karo harus bangga dan melestarikan kekayaan budaya kita. Jika bukan kita siapa lagi ?! “kata Rimenda Jamin Ginting.
Tak hanya memaprkan dalam acara dialog yang disiarkan seluruh dunia lewat radio internet melalui pemancar Radio Karo Akses Global dengan penyiar Edi Suryanta Surbakti. Para pemirsa juga diajak interaktif lewat telepon seputaran terkikisnya perhatian terhadap musik yang diwariskan pendahulu.
Respon masyarakat dalam interaktif tersebut sangat luar biasa dimana begitu banyak penanya masuk baik leat sms juga telepon langsung. Pertanyaan yang dikemukakan juga bervariasi seperti meminta agar pemain musik membawakan alunan musik keteng-keteng dan surdam sampai kepada salam kepada Ketua HMKI Rimenda Jamin Ginting atas perhatiannya yang begitu besar terhadap perjalanan dan perkembangan musik tradisional.
Pantauan Harian BERSAMA selama acara berlangsung beberapa pemirsa di seputaran kota Kabanjahe seperti di terminal,pusat pasar dan lingkungan juga kedai kopi sangat antusias mendengarkan. Bahkan beberapa orang tidak menyangka yang siaran tersebut adalah anak mantan pejuang dan panglima Kodam Bukit Barisan Letjend. Jamin Ginting. Seperti yang dikatakan salah seorang warga Sirumbia lewat telepon ke studio supaya acara seperti ini terus dilanjutkan karena dirinya masih rindu.
Menanggapi hal tersebut Rimenda Jamin Ginting dan Budianto Tarigan dari HMKI akan menaggapi dan berusaha agar dapat tampil kembali dalam acara jambur RBK.

Keterangan foto :
Ketua HMKI Rimenda Jamin Ginting dan Budianto Tarigan beserta perkolong-kolong Bungaria br Sembiring di studio RBK FM dalam acara siaran langsung Selasa Malam (2/12).
Foto BERSAMA : KALVIN GINTING S.Kep

Tidak ada komentar: